Warta Pusat Pengabdian Masyarakat Universitas Mercu Buana

Publikasi 2020

Citarum: UMB Dampingi Pengolahan Limbah Domestik
01 September 2020, SUNGAI Citarum adalah sungai terpanjang di Provinsi Jawa Barat. Kondisinya kini sangat memprihatinkan sehingga menjadi sungai terkotor di dunia. Salah satu penyumbang dari tingginya tingkat kekotoran Sungai Citarum berasal dari limbah domestik. Hal ini di karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga ekosistem dan kebersihan lingkungan sungai Citarum.

UMB Selesaikan Pembangunan Gedung Serba Guna Meruya Selatan
31 Agustus 2020, Program Studi Teknik Sipil Universitas Mercu Buana (UMB) menyelesaikan pembangun sebuah gedung serba guna di lingkungan Kelurahan Meruya Selatan, Jakarta.Menurut Ir. Acep Hidayat, M.TI, selaku Ketua Program Studi Teknik Sipil UMB, pembangunan gedung serba guna kali ini merupakan pembangunan kedua di lingkungan Kelurahan Meruya Selatan dan merupakan wujud nyata kegiatan pengabdian masyarakat para dosen Teknik Sipil UMB dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pengaruh Komunikasi Generasi Milenial, Dalam Membangun Bangsa
30 Agustus 2020, Bonus demografi pada dasarnya tidak terlepas dari generasi milenial, dengan persentase generasi milenial tahun 2017 yang sebesar 33,75 persen dari jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan maka generasi ini akan memegang kendali atas roda pembangunan khususnya di bidang perekonomian dimasa mendatang yang diharapkan akan mampu membawa bangsa Indonesia menuju ke arah pembangunan yang lebih maju dan dinamis. Hal tersebut dikatakan Dosen Universitas Mercu Buana (UMB) Dr. Inge Hutagalung, M.Si, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 49 di Jakarta Utara pada 26-27 Agustus lalu.

Perkuat Kolaborasi Mitra, UMB Gelar Pekan Ristek
30 Agustus 2020, Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta menggelar Pekan Ristek UMB 2020. Acara ini yang digelar pada 24-28 Agustus itu untuk memperingati HUT RI ke 75 dan hari Kebangkitan Teknologi Nasional. “Pekan Ristek UMB 2020 diadakan guna memperkuat relasi dan kolaborasi Perguruan Tinggi, industri dan masyarakat untuk peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian, inovasi dan pengabdian pada masyarakat melalui teknologi yang tepat guna dan berorientasi industri,” ujar Direktur Ristek, Publikasi & Kerjasama Dalam Negeri, Universitas Mercu Buana, Dr Devi Fitrianah dalam siaran persnya kepada mediaindonesia.com, Minggu (30/8).

Universitas Mercu Buana Gelar Pekan Ristek 2020 untuk Perkuat Kolaborasi
30 Agustus 2020, Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta menggelar Pekan Ristek 2020 selama lima hari mulai 24 – 28 Agustus lalu. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memperkuat kolaborasi dengan mitra, antara perguruan tinggi, masyarakat dan dunia industri agar melakukan penelitian yang mengarah kepada industri.Pekan Ristek 2020 dirancang empat unit di bawah Direktorat Ristek UMB, yaitu Unit Penelitian, Unit Publikasi, Unit PPI dan Unit Pengabdian Pada Masyarakat (PPM).

Layanan Sekolah Inklusi Perlu Ditingkatkan, Cegah Siswa Alami Bullying
29 Agustus 2020, Pendidikan atau sekolah inklusi sudah berjalan cukup lama. Tetapi dalam praktiknya layanan untuk anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi perlu ditingkatkan. Sekaligus untuk mencegah siswa ini mengalami perundungan atau bullying. Seperti diketahui pendidikan atau sekolah inklusi adalah layanan pendidikan yang mengatur agar anak didik berkebutuhan khusus dapat dilayani di sekolah terdekat.

UMB Adakan Pelatihan dan Pendampingan Cara Berbicara Efektif
29 Agustus 2020, Bonus demografi pada dasarnya tidak terlepas dari generasi milenial. Dengan presentase generasi milenial pada tahun 2017 mencapai 33,75% dari jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan, maka generasi ini memegang kendali atas roda pembangunan khususnya di bidang perekonomian di masa mendatang. Mereka diharapkan mampu membawa bangsa Indonesia menuju ke arah pembangunan yang lebih maju dan dinamis.

Diseminasi hasil kegiatan PPM sebagai wujud nyata tanggung jawab akademis
28 Agustus 2020, Universitas Mercu Buana melalui Unit Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu pilar dari Tri Dharma Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap sivitas akademika sebagaimana diamanahkan oleh Undang Undang No.20 Tahun 2003 dan Undang Undang No.12 Tahun 2012.

Perguruan Tinggi Ikut Dampingi UMKM Menuju Digitalisasi
28 Agustus 2020, SEKTOR Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menghadapi sejumlah persoalan di masa pandemi covid-19. Salah satunya, penurunan angka penjualan. Penjualan yang menurun membutuhkan strategi jitu untuk kembali meningkatkan angka penjualan. Salah satu cara untuk meningkatkan penjulan adalah melalui promosi. Ditengah pandemi covid-19 ini, promosi melalui media digital merupakan pilihan tepat untuk tetap melakukan maupun meningkatkan penjualan. Di sisi lain, tidak semua pelaku UMKM memahami dan berteman baik dengan media digital.

Gunakan Teknologi Tepat Guna, Layanan Posyandu Bisa Meningkat
28 Agustus 2020, Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu merupakan layanan kesehatan pemerintah yang sampai sekarang tetap eksis melayani kesehatan ibu dan balita.Selama ini proses pencatatan tumbuh kembang anak dilakukan periodik berdasarkan kunjungan orang tua dan balita dengan pencatatan secara manual. Menyikapi kondisi tersebut, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana membangun sebuah aplikasi pencatatan perkembangan tumbuh kembang anak menggunakan teknologi tepat guna yang dapat diakses dari rumah.

Diseminasi Hasil Kegiatan PPM, Wujud Nyata Tanggung Jawab Akademisi
28 Agustus 2020, Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan diseminasi hasil kegiatan unit Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) tahun ajaran 2019/2020. Kegiatan yang digelar pada 25-26 Agustus 2020 itu diikuti perwakilan fakultas dan pascasarjana di lingkungan UMB. Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana, Inge Hutagalung, menyatakan, acara ini merupakan ajang pembuktian karya para dosen dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi. Harapannya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di lingkungan UMB dapat meningkatkan pendapatan, pengetahuan, dan produksi.

Diseminasi Hasil Kegiatan PPM, Wujud Nyata Tanggungjawab Insan Akademis
28 Agustus 2020, Universitas Mercu Buana melalui Unit Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu pilar dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap sivitas akademika. Hal tersebut sebagaimana diamanahkan oleh Undang Undang No 20 Tahun 2003 dan Undang Undang No 12 Tahun 2012. Dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Mercu Buana melakukan kegiatan berorientasi pada penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat sesuai dengan kepakaran sivitas akademika yang relevan serta pemanfaatan teknologi tepat guna secara berkelanjutan.

PPM Universitas Mercu Buana Jakarta Dengan Redaksi Inakoran.Com
18 Maret 2020, Penerapan Metode Search Engine Optimization (SEO) bagi wartawan dan redaktur Inakoran.com yang dilakukan oleh dosen dan lulusan Teknik Informatika dari Universitas Mercu Buana Jakarta dihelat Selasa(17/3/20). Pengabadian kepada masyarakat yang diinisiasi Universitas Mercu Buana merupakan salah satu layanan Perguruan Tinggi di negeri ini dalam mewujudkan keseimbangan ilmu dan pengabdian kepada masyarakat sebagai pengguna, terang Euginius Kau Suni, ST. MT. dosen TI Universitas Mercu Buana kepada inakoran.com.

Kotak Kubus ‘Ajaib’ Penyimpan Air
14 Februari 2020, Sumur resapan berbasis Ecodrain itu diperkenalkan oleh dua akademisi kampus Universitas Mercu Buana (UMB) kepada wartawan di Margajaya, Bekasi Selatan, Jumat (14/2). Keduanya adalah Suprapti, sekretaris Prodi Teknik Sipil dan Eka Nur Fitriani, dosen Teknik Sipil. Keduanya fasih berbicara soal air dan teknik pencegahan banjir. Bukan hanya teori. Mereka membawa satu alat yang disebut modular tank. Sebuah kotak ‘ajaib’ berbentuk kubus yang bisa dibongkar pasang. Berbahan plastik polypropylene. Blok-blok plastik itu diklaim dapat berfungsi sebagai drainase. Mengalirkan air di bawah permukaan tanah. Sekaligus media penyimpanan air bawah tanah (tangki resapan).

Kotak Kubus ‘Ajaib’ Penyimpan Air
14 Februari 2020, Sumur resapan berbasis Ecodrain itu diperkenalkan oleh dua akademisi kampus Universitas Mercu Buana (UMB) kepada wartawan di Margajaya, Bekasi Selatan, Jumat (14/2) lalu. Keduanya adalah Suprapti, sekretaris Prodi Teknik Sipil dan Eka Nur Fitriani, dosen Teknik Sipil. Keduanya fasih berbicara soal air dan teknik pencegahan banjir. Bukan hanya teori. Mereka membawa satu alat yang disebut Modular Tank. Sebuah kotak ‘ajaib’ berbentuk kubus yang bisa dibongkar pasang. Berbahan plastik Polypropylene. Blok-blok plastik itu diklaim dapat berfungsi sebagai drainase. Mengalirkan air di bawah permukaan tanah. Sekaligus media penyimpanan air bawah tanah (tangki resapan).

Bantu Antisipasi Banjir, Dosen dan Mahasiswa Universitas Mercu Buana Buat Sumur Resapan
31 Januari 2020, Bantu pemerintah atasi banjir, Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Universitas Mercu Buana (UMB) buat sumur resapan di beberapa titik di wilayah Kembangan, Jakarta Barat.Perwakilan tim dosen Fakultas Teknik Sipil UMB, Bernadette Detty menjelaskan, berbeda dengan umumnya, sumur resapan yang dibuat pihaknya berbasis ecodrain menggunakan geosintetik modular tank dengan ukuran masing-masing 1,5 m ×1,2 m x1,5 m.

Antisipasi Banjir, UMB Kenalkan Sumur Resapan Berbasis Ecodrain
31 Januari 2020, Banjir serta genangan masih menjadi permasalahan yang harus secepatnya ditangani oleh Pemprov DKI Jakarta. Berbagai upaya telah dilakukan guna mencegah terjadinya banjir serta genangan saat hujan deras. Seperti menambah jumlah pompa mobile, pengurasan saluran air, pengerukan kali serta membuat sumur resapan.

Mercu Buana Nilai Budaya Bersih Solusi Banjir Ibu Kota
14 Januari 2020, Universitas Mercu Buana melalui kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat pada awal Januari 2020 telah melakukan kegiatan peduli banjir pada salah satu kelurahan binaan, yaitu Kelurahan Kembangan Utara Jakarta Barat. Hal ini sejalan dengan kewajiban Perguruan Tinggi dalam pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diamanahkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20.

Budaya Bersih Dinilai Sebagai Cara Penanggulangan Banjir di Ibu Kota
12 Januari 2020, Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagaimana diamanahkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20. Sejalan dengan kewajiban tersebut, Universitas Mercu Buana melalui kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat pada awal Januari 2020 telah melakukan kegiatan peduli banjir pada salah satu kelurahan binaan, yaitu Kelurahan Kembangan Utara Jakarta Barat.

UMB Ajak Warga DKI Budayakan Tak Buang Sampah Sembarangan
11 Januari 2020, PERGURUAN tinggi berkewajiban menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagaimana diamanahkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20.Sejalan dengan kewajiban tersebut, Universitas Mercu Buana (UMB) melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat pada awal Januari 2020 dengan melakukan kegiatan peduli banjir pada salah satu kelurahan binaan, yaitu Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat.


Publikasi 2019

KKI Gelar Edukasi Seks pada Remaja Cegah Pornografi
08 Desember, 2019, Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah akan masalah sosial yang perlu perhatian berkaitan dengan pornografi. Menurut Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana Dr Inge Hutagalung MSi, pornografi mengakibatkan kerusakan pada lima bagian otak, terutama pada pre frontal corteks (bagian otak yang tepat berada di belakang dahi ß otak logika). Akibatnya bagian otak yang bertanggung jawab untuk logika akan mengalami cacat karena hiperstimulasi tanpa filter (otak hanya mencari kesenangan tanpa adanya konsekuensi). Rusaknya otak akan mengakibatkan korban akan mudah mengalami bosan, merasa sendiri, marah, tertekan dan lelah. Selain itu, dampak yang paling mengkhawatirkan adalah penurunan prestasi akademik dan kemampuan belajar, serta berkurangnya kemampuan pengambilan keputusan.

Atasi Kecanduan Pornografi Perlu Pendidikan Kesehatan Reproduksi
08 Desember, 2019, SALAH satu masalah sosial di Indonesia yang perlu mendapatkan perhatian berkaitan dengan keberlimpahan informasi adalah pornografi. Pornografi mengakibatkan kerusakan pada lima bagian otak, terutama pada pre frontal cortex atau bagian otak yang tepat berada di belakang dahi ß otak logika. Hal tersebut diungkapkan dalam Seminar Sehari Pencegahan Kecanduan Pornografi Remaja di Jakarta, pada awal Desember 2019.

Cegah Kecanduan Pornografi dengan Pemberian Materi Kesehatan Reproduksi
08 Desember, 2019, Salah satu masalah sosial di Indonesia yang perlu mendapatkan perhatian berkaitan dengan keberlimpahan informasi adalah pornografi. Pornografi mengakibatkan kerusakan pada lima bagian otak, terutama pada pre frontal corteks (bagian otak yang tepat berada di belakang dahi ß otak logika).

Bahaya Pornografi bagi Remaja dan Cara Pencegahannya
08 Desember, 2019, Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya, anak-anak menggunakan internet untuk mendapatkan informasi, menonton video, bermain gim, dsb. Sayangnya, internet dapat berdampak negatif bagi kita, terutama untuk anak-anak. Salah satu permasalahan di Indonesia yang perlu mendapatkan perhatian dalam mengakses internet adalah pornografi.

Cegah Kecanduan Pornografi dengan Materi Kesehatan Reproduksi
08 Desember, 2019, Salah satu masalah sosial di Indonesia yang perlu mendapatkan perhatian berkaitan dengan keberlimpahan informasi adalah pornografi. Pornografi mengakibatkan kerusakan pada lima bagian otak, terutama pada pre frontal corteks (bagian otak yang tepat berada di belakang dahi ß otak logika). Hal ini dikatakan oleh Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana (UMB), Inge Hutagalung dalam seminar sehari bersama Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Provinsi DKI Jakarta pada awal Desember 2019, yang mengangkat masalah pencegahan kecanduan pornografi remaja di DKI Jakarta.

Perbaikan Sistem Pengabdian Masyarakat Bawa UMB Raih Peringkat Empat
13 November 2019, UMB kini menduduki peringkat empat perguruan tinggi swasta skala nasional berdasarkan pemeringkatan Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknokogi dan Pendidikan Tinggi. Dalam kategori seluruh perguruan tinggi, UMB berada di peringkat 31 nasional dan mampu unggul dari sejumlah universitas favorit.

Pengabdian Masyarakat Mercu Buana Terbaik Keempat
13 November 2019, Universitas Mercu Buana (UMB) meraih prestasi dengan memperoleh predikat ‘Sangat Bagus’ dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan Kemendikbud. Pada pemeringkatan kali ini, UMB menempati urutan ke-31 dari seluruh perguruan tinggi dan urutan keempat untuk Perguruan Tinggi Swasta skala nasional. Capaian ini sangat membanggakan, mengingat UMB mampu unggul dari sejumlah universitas favorit dari seluruh Indonesia.

UMB Raih Predikat ‘Sangat Bagus’ dalam Kinerja Pengabdian Masyarakat, Posisi ke-4 PTS Skala Nasional
13 November 2019, Berdasarkan pemeringkatan Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknokogi dan Pendidikan Tinggi, Universitas Mercu Buana (UMB) menuai prestasi dengan memperoleh predikat “Sangat Bagus”.

Di Kinerja Pengabdian Masyarakat, UMB Duduki Posisi Ke-4 Nasional
11 November 2019, BERDASARKAN peringkat Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknokogi dan Pendidikan Tinggi, Universitas Mercu Buana (UMB) menuai prestasi dengan memperoleh predikat ‘Sangat Bagus’.

Kampus Tanam Pohon Revitalisasi Sungai Citarum
06 November 2019, Universitas Mercu Buana mendukung revitalisasi Sungai Citarum dengan melakukan penanaman pohon untuk penghijauan di daerah aliran sungai (DAS) terpanjang di Jawa Barat itu.

Penanggulangan Pencemaran Melalui Penanaman Pohon di Daerah Aliran Sungai Citarum
06 November 2019, Menyadari bahwa kelestarian sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat yang bermukim di Jawa Barat.Pada tahun 2018 dikeluarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia (PERPRES) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

Mengolah Limbah Domestik untuk Menjaga Kelestarian Sungai Citarum
05 November 2019, Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana, Dr Inge Hutagalung, menyatakan bahwa Universitas Mercu Buana sejak tahun 2018 telah aktif membantu Pemerintah dalam pelaksanaan program Citarum Harum. Hal itu terlihat dengan dilakukannya berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terkait pengolahan limbah sampah, organik maupun non organik.

Tak Hanya PTN, Kampus Swasta Masuk Pengabdian Masyarakat Klaster Sangat Bagus
05 November 2019, Terdapat 103 kampus dengan kategori berkinerja sangat bagus dalam pengabdian masyarakat. Tidak hanya di dominasi kampus negeri, ternyata kampus swasta juga masuk dalam peringkat 10 besar. Sebut saja kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Mercu Buana. Keduanya berhasil mengalahkan kampus negeri Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Olah Limbah, Mahasiswa Ini Turun ke Hilir Sungai Citarum
05 November 2019, Kementrian Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menggelar kegiatan pengembangan pembelajaran inovatif wilayah hilir Citarum. Kegiatan ini lanjutan dari program Citarum Harum 2018.Program Citarum Harum telah dilaksanakan dengan melibatkan sivitas akademika Perguruan Tinggi. Sebagai salah satunya, Universitas Mercu Buana pada tahun ini kembali mengadakan kegiatan pengembangan pembelajaran inovatif wilayah hilir Citarum dengan tema kegiatan pengolahan limbah domestik.

Peduli Keselamatan Jalan, UMB Sosialiasi di SMP Al-Azhar Syifa Budi Kemang
03 Oktober 2019, Tim dosen dan mahasiswa Universitas Mercu Buana memberikan sosialisasi tentang keselamatan jalan kepada kaum remaja, di SMP Al-Azhar Syifa Budi Kemang Jakarta, Kamis (3/10/2019). Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Masyarakat, dengan dukungan Hibah Dikti tahun 2019. Dalam sosialisasi ini, panitia yang adalah tim dosen dan mahasiswa Universitas Mercu Buana ini melibatkan sejumlah mitra kerja, yakni dari Kementerian Perhubungan, Koordinator Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri, dan pihak Yayasan SMP Al-Azhar.

Pengabdian Masyarakat Bersama Universitas Mercu Buana (UMB) dan Universitas Sains Malaysia (USM)
23 Agustus 2019, Mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul membutuhkan proses yang berkesinambungan dan berkelanjutan. Proses tersebut merupakan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) untuk mewujudkan tujuan yang sama, yaitu Indonesia maju. Universitas Mercu Buana yang merupakan perguruan tinggi swasta trakreditasi A melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan bagian dari Tri Dharma PT yang selaras dengan program pemerintah untuk mewujudkan SDM unggul tersebut pada tanggal 22 Agustus 2019 s.d 25 Agustus 2019.

Melalui Aplikasi Karya UMB, Ponpes Riyadhusholihiin Terdigitalisasi
23 Juli 2019, Di zaman serba digital seperti sekarang, dunia pendidikan juga dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Termasuk di dalam pondok pesantren. Terpanggil dengan masalah ini, Universitas Mercu Buana melalui Program Studi Magister Akuntansi melakukan digitalisasi terhadap Pondok Pesantren Riyadhussholihiin di Rocek Cimanuk, Pandeglang, Banten. “Tim yang saya ketuai mengajukan proposal kepada Kemenristekdikti untuk ikut serta dalam hibah Pengabdian Pada Masyarakat dengan skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM),” kata Hari Setiyawati, Ketua Tim PKM Pondok Pesantren Riyadhussholihiin di Jakarta.

Kiat Memasarkan Produk Secara Efektif dengan Komuniksi Interpersonal
18 Juli 2019, Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menggelar kegiatan untuk meningkatkan potensi industri kain tenun tradisional kaum ibu Desa Kanekes, Lebak pada medio Juli 2019. Pada kegiatan sosialisasi selain diberikan pengetahuan terkait peran komunikasi antarpribadi dalam kegiatan promosi, juga dilakukan simulasi promosi yang dilakukan oleh para kaum ibu.

Kunjungi Suku Baduy, Ini yang Dilakukan Dosen Mercu Buana
09 Juli 2019, Melakukan pengabdian masyarakat menjadi tugas utama perguruan tinggi, baik pengajar (dosen-red) maupun mahasiswanya. Pengabdian masyarakat menjadi tujuan utama setiap perguruan tinggi di Indonesia sejauh ini, dan hal itu kerap dilalukan sebagai syarat dalam penilaian akademisi. Guna memenuhi tujuan tersebut, para dosen magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan pengabdian masyarakat ke suku Baduy, Desa Kanekes, Kabupaten Serang pada, 8-9 Juli 2019.

Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana Gelar Kampanye Tertib Lalu Lintas
07 Juli 2019, Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Menteng Jakarta, bekerjasama dengan Polda Metro Jaya melakukan kampanye Tertib Lalu Lintas di Tugu Tani, Jakarta, Sabtu (6/7/2019)

Universitas Mercu Buana Undang 21 Orang Pengamen dan Pemulung Belajar Multimedia
Rabu, 29 Mei 2019, Universitas Mercu Buana Jakarta mengundang 21 orang anak yang tinggal di kampung Gasong yaitu kawasan permukiman kumuh di Menteng Atas, Jakarta Selatan, untuk belajar multimedia.

Universitas Mercu Buana Undang 21 Orang Pengamen dan Pemulung Belajar Multimedia Di Laboratorium Komputer
Rabu, 29 Mei 2019. Universitas Mercu Buana Jakarta mengundang 21 orang anak yang tinggal di kampung Gasong yaitu kawasan permukiman kumuh di Menteng Atas, Jakarta Selatan, untuk belajar multimedia. Anak-anak yang sehari-hari kebanyakan menjadi pemulung dan pengamen di kawasan Kota Casablanca ini mendapatkan kesempatan untuk belajar multimedia selama sehari di Laboratorium Desain Grafis Universita Mercu Buana.

Warga Meruya Utara Dapat Edukasi Mitigasi Bencana Banjir dan Kebakaran
03 Mei 2019, Puluhan warga Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (5/4) mendapatkan edukasi tentang mitigasi bencana banjir, kebakaran dan gempa bumi. Diharapkan, dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh para mahasiswa S-2 Universitas Mercu Buana, warga lebih sigap untuk mengantisipasi berbagai bencana yang tiba-tiba muncul.

Tim Dosen dan Mahasiswa UMB Melatih Anak-anak Pemulung, Jalanan dan Pengamen Belajar Multimedia
Minggu, 28 April 2019. Tim Dosen dan Mahasiswa dari Universitas Mercu Buana melatih anak-anak pemulung, Pengamen, dan anak anak jalanan di Bilik Pintar (Bilpin) Jakarta, untuk belajar Multimedia mulai dari dasar Penggunaan Komputer, Aplikasi Sederhana, Hingga Aplikasi tingkat tinggi seperti coding game dan pembuatan website.

UMB Lakukan Pemberdayaan Forum Komunikasi Adat Desa Sawarna Melalui Program PKM
Kamis, 28 Maret 2019. Universitas Mercu Buana (UMB) terpanggil untuk turut serta membangun desa ini, melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tim PKM Magister Ilmu Komunikasi UMB pada bulan Februari 2019 lalu, dengan mengusung tema “Pemberdayaan Tokoh Masyarakat dan Forum Komunikasi Adat Sebagai Media Komunikasi Harmonis dan Pembangunan Desa Sawarna”, yang diketuai oleh Dr. Rosmawaty Hilderiah Pandjaitan, S.Sos, M.T., CPR, CICS, atau yang akrab disapa Bunda Rossa.

Tangani Sampah dan Limbah, Mahasiswa UMB Berikan Sosialisasi di RPTRA Kampung Baru
Rabu, 20 Maret 2019, Puluhan ibu-ibu berkumpul di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kampung Baru, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Mereka mendengarkan sosialisasi ‎tentang pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga oleh para mahasiswa magister Teknik Sipil Universitas Mercu Buana (UMB).

Bantu DKI, UMB Ajarkan Warga Soal Pengelolahan Sampah
Rabu, 20 Maret 2019, Membantu pengelolahan sampah di Jakarta. Universitas Mercubuana (UMB) melakukan sosialisasi pengelolahan sampah terhadap puluhan ibu-ibu. Kegiatan itu dilakukan di kawasan RPTRA Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, Rabu (20/3/2019). Penanganan limbah sampah, drainase, hingga pembuat sarpras bakal dibantu oleh mahasiswa Magister Teknis Sipil.

Pengabdian Masyarakat, UMB Berikan Pelatihan Bagi Penyandang Psikotik
Sabtu, 16 Februari 2019. Fakultas Design dan Seni Kreatif Universitas Mercu Buana (UMB) memberikan pelatihan bagi para penyandang psikotik atau orang dengan masalah kejiwaan dan gangguan kejiwaan. Pelatihan tersebut dilakukan selama 2 hari sejak, Kamis (14/02) di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1, Unit Informasi Layanan Sosial (UILS) Meruya Selatan, Jakarta Barat.

Pengabdian Masyarakat, UMB Berikan Pelatihan Bagi Penyandang Psikotik
Jumat, 15 Februari 2019. Fakultas Desain Dan Seni Kreatif (FDSK) Universitas Mercu Buana bekerja sama dengan Unit Informasi Layanan Sosial di Meruya Selatan mengadakan workshop Art Therapy. Lewat rangkaian acara ini membuahkan hasil positif, dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas penyandang psikotik.

Nyebrang ke Pulau Seribu, FIKOM UMB Gelar Workshop
Rabu, 13 Februari 2019. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta (FIKOM UMB) menggelar workshop dan pelatihan di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (04/02). Workshop dan pelatihan ini berpusat di SMAN 69 Jakarta yang berlokasi di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.


Publikasi 2018

Diseminasi Hasil Pembelajaran Pengolahan Limbah Sampah di Sungai Citarum
Selasa, 04 Desember 2018. Dalam diseminasi termaksud telah dipresentasikan pelbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh Sektor 18 Program Citarum Harum, antara lain kegiatan Bela Negara, kegiatan Kesehatan Lingkungan, kegiatan Pos Kesehatan, kegiatan Hidrophonik, kegiatan Kebijakan Publik, dan kegiatan Pengolahan Limbah Sampah.

Mengolah Limbah Sampah Organik di Sungai Citarum
Selasa, 04 Desember 2018. Dalam rangka mensukseskan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III telah menetapkan Koordinator Sektor pada pelaksanaan Program Citarum Harum di Lingkungan LL Dikti Wilayah III.

Pengendalian Pencemaran Sungai Citarum dengan Pengolahan Limbah Sampah
Senin, 03 Desember 2018. Universitas Mercu Buana, selaku Koordinator Sektor 18 Program Citarum Harum bersama 8 Perguruan Tinggi lain (UHAMKA, UMJ, UKI, UNKRIS, LSPR, Univ. MH Thamrin, STIAMI, Universitas Mpu Tantular) telah melakukan pelbagai kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat di lingkungan Sektor 18 dalam upaya menjaga ekosistem dan kebersihan lingkungan sungai Citarum.

Melihat Pengolahan Limbah Sampah di Hilir Sungai Citarum
Senin, 03 Desember 2018. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LL DIKTI Wilayah III) telah menetapkan Koordinator Sektor pada pelaksanaan Program Citarum Harum, dalam rangka mensukseskan Peraturan Presiden Republik Indonesia (PERPRES) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum. Universitas Mercu Buana, selaku Koordinator Sektor 18 Program Citarum Harum bersama 8 Perguruan Tinggi lain (UHAMKA, UMJ, UKI, UNKRIS, LSPR, Univ. MH Thamrin, STIAMI, Universitas Mpu Tantular) telah melakukan pelbagai kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat di lingkungan Sektor 18 dalam menjaga ekosistem dan kebersihan lingkungan sungai Citarum.

Tanaman hidroponik untuk pelestarian Sungai Citarum
Senin, 03 Desember 2018. Kalangan akademisi Universitas Mercu Buana mensosialisasikan tanaman hidroponik sebagai salah satu pelestarian lingkungan Sungai Citarum, Jawa Barat. Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana Inge Hutagalung dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin, Menyebutkan sosialisasi hidroponik untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga ekosistem lingkungan.

Pengendalian Pencemaran Hilir Citarum Melalui Pembentukan Bank Sampah
Senin, 03 Desember 2018. Sungai Citarum adalah sungai terpanjang yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kondisi sungai Citarum sangat memprihatinkan dan merupakan sungai terkotor kedua di dunia. Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana, Dr Inge Hutagalung, mengatakan bahwa sosialisasi dan edukasi pembentukan bank sampah dan cara pemilahan sampah dilaksanakan dengan menggunakan Learning Methodology yaitu suatu metode pembelajaran yang menitikberatkan pada peran serta peserta berdasarkan pengalaman, stimuli dan respon peserta terhadap stimuli tersebut.

Tanaman Hidroponik Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Sungai Citarum
Senin, 03 Desember 2018. Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana Inge Hutagalung menyebutkan sosialisasi hidroponik untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga ekosistem lingkungan. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi budidaya tanaman hidrophonik, bahwa budidaya tanaman hidrophonik merupakan salah satu solusi terkait penghijauan sebagai upaya pelestarian lingkungan.

Mahasiswa UMB Jurusan Public Relations Helat UMB Berbagi Donor Darah
02 Oktober 2018, Acara UMB berbagi donor darah 2018 ini digelar di aula Mercu Buana Kampus D (Bekasi) dibuka langsung oleh Sekprodi Public Relations, Dicky Andika. Tidak hanya donor darah saja, kegiatan yang diprakarsai oleh mahasiswa Mercu Buana jurusan PR ini juga menyelenggarakan seminar kesehatan dengan narasumber dokter Eva Wahyudingtyas, dipandu oleh moderator, Mudrika Anisahri, yang memberikan edukasi mengenai darah kepada masyarakat serta untuk memenuhi kebutuhan darah PMI Wilayah Bekasi.

Sosialisasi Budaya Baca
10 Juli 2018, Mahasiswa Universitas Mercu Buana menyosialisasikan pentingnya membaca di Rumah Penyuluhan Kreatif, sebuah tempat binaan masyarakat marjinal yang terletak di Jalan Pinang Kalijati Bawah, Pondok Labu, Jakarta Selatan pada Minggu, 8 Juli 2018. Ini merupakan implementasi mata kuliah Kuliah Peduli Negeri (KPN) yang mengedepankan keterampilan komunikasi dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, agama, dan etika di kalangan mahasiswa.

Edukasi Kesenian Tradisional
19 Juli 2018, Enam mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UMB, yakni Irma Rakhmawati, Fitri Rahayu, Wati Mutfiyah, Brigita Hana, M. Bacharudin, dan Imam Fery Syahroni yang tengah melaksanakan Kuliah Peduli Negeri memberikan edukasi berupa sosialisasi atau penyuluhan mengenai budaya Indonesia terutama kesenian tradisional Indonesia di SMPN 95 Jakarta Utara.

Sosialisasikan Pentingnya Seni Budaya di SMPN 95 Jakarta Utara
Rabu, 18 Juli 2019, Acara tersebut mengusung tema “Our Culture, Our Future”. Ketua pelaksana, Irma Rahmawati menjelaskan tema tersebut diambil atas dasar keprihatinannya terhadap generasi milenial yang sudah mulai kurang peduli terhadap budaya sendiri dan lebih mencintai budaya asing.

Sosialisasi & Simulasi Penyelamatan Kebakaran Diberikan oleh Mahasiswa Mercu Buana dengan Tema GESIT!
Jumat, 20 Juli 2018, Ketua Pelaksana Yohannes menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dan sebagai kegiatan Tugas Akhir dari Kampus Mercu Buana Menteng. Dia menjelaskan alasan mengapa yang terpilih mengikuri GESIT! warga yang tinggal di kawasan RPTRA Puspa Indah, khususnya RW 04 & 12 Cengkareng Timur.

Universitas Mercu Buana Kenalkan Warga Bogor Seni Menghias dengan Tisu
Senin, 19 Maret 2018, Salah satu pemrakarsa kegiatan, Niken Sulistyowati menuturkan, acara tersebut merupakan salah satu dharma perguruan tinggi melakukan pengabdian kepada masyarakat. Niken yang juga dosen pascasarjana Universitas Mercu Buana menjelaskan, decoupage yang berasal dari bahasa Prancis berarti memotong, merupakan kerajinan atau bentuk seni yang memerlukan potongan-potongan bahan (biasanya kertas) yang ditempel pada objek dan kemudian dilapisi dengan pernis atau pelitur.

UMB Gelar Sosialisasi Pencegahan Pornografi bagi Remaja di Rawa Buaya
Minggu, 18 Februari 2018, Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana Dr. Inge Hutagalung, M.Si menjelaskan, pornografi mengakibatkan kerusakan pada lima bagian otak, terutama pada pre frontal corteks (bagian otak yang tepat berada di belakang dahi dan otak logika). Selain itu, pornografi berimbas pula pada semakin mendekatnya remaja pada kehidupan ”serba boleh” (permisif) dalam urusan seks.

Prodi MTS-UMB Gelar FGD, Identifikasi Sarana Prasarana Pemukiman di Kelurahan Kembangan Utara
Sabtu, 17 Februai 2018, Ketua Program Studi Magister Teknik Sipil UMB, Dr. Ir. Resmi Bestari Muin, MS mengatakan bentuk keseluruhan kegiatan ABDIMAS prodi MTS UMB ini adalah melakukan Pemetaan Kondisi Lingkungan Permukiman Di Kelurahan Kembangan Utara.

Universitas Mercu Buana Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Bagi Penggiat Obyek Wisata Bahari Pantai Sawarna
14 Februai 2018, Ketua panitia PPM Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Dr. Agustina Zubair, M.Si mengatakan bahwa sosialisasi dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam menyampaikan informasi kepada publik guna meningkatkan jumlah kunjungan wisata.


Publikasi 2017

Marahi Anak Ganggu Tumbuh Kembang
Rabu, 18 Oktober 2017, Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana, Inge Hutagalung, mengatakan, anak yang kerap marah (tantrum) seharusnya tidak dimarahi karena dapat mengganggu tumbuh kembangnya.

Theraplay untuk Kesehatan Mental Keluarga Indonesia
Rabu, 18 Oktober 2017, Pusat Pengabdian pada Masyarakat Universitas Mercu Buana bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UMB dan beberapa PPKS di Kelurahan Kamal, Tegal Alur, Cengkareng Timur dan Palmerah telah melaksanakan kegiatan Theraplay di lingkungan PPKS.

Tanaman Hidroponik Jadi Solusi Penghijauan untuk Lahan Ibu Kota yang Terbatas
Rabu, 18 Oktober 2017, Unit Pengabdian Masyarakat Universitas Mercu Buana, sejak Juli 2017 telah melakukan pelatihan budidaya tanaman hidroponik di Kelurahan Rawa Buaya dan Kembangan Utara. Diharapkan lewat kegiatan ini budidaya tanaman hidroponik akan memasyarakat secara luas dan memberikan manfaat penghijauan sebagai bagian dari pelestarian lingkungan yang sangat dibutuhkan.

Dosen Universitas Mercu Buana Latih Masyarakat Tanam Hidrophonik
06 Oktober 2017, Dosen Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan pengabdian terhadap masyarakat dengan menggelar pelatihan penanaman hidroponik di kelurahan Rawa Buaya dan Kembangan Utara, Jakarta Barat.

Para Dosen Ini Beri Pelatihan Penanaman Hidroponik bagi Warga Rawa Buaya & Kembangan Utara
Jumat, 06 Oktober 2017, Mantap! Para Dosen Universitas Mercu Buana Memberikan Penanaman HidroPhonik bagi Waraga Rawa Buaya dan Kembangan Utara.

Temuan `SLIFA` UMB, Kurangi Resiko Kecelakaan Dalam Berkendara
12 Agustus 2017, Menyambut Hari Teknologi Nasional/Harteknas ke 22 di Makassar, Universitas Mercu Buana memperkenalkan alat pengendali kecepatan kendaraan.

Berikan Kemudahan Praktikum, Oscilloscope Learning Simulator Diciptakan
Sabtu, 12 Agustus 2017, Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana menciptakan Oscilloscope Learning Simulator untuk mengatasi kendala yang timbul dari penggunaan Real Oscilloscope.

Gunakan SLIFA, Mengantuk Pun Tetap Bisa Berkendara
Sabtu, 12 Agustus 2017Universitas Mercu Buana memperkenalkan alat pengendali kecepatan kendaraan, yaitu Speed Limiter Itegrated Fatigue Analyzer/SLIFA.

Simulator Pembelajaran Osiloskop Karya Ilmuan UMB Raih Pujian
11 Agustus 2017, Simulator pembelajaran Osiloskop diciptakan dosen teknik UMB untuk melatih pengguna pengoperasian osiloskop yang sebenarnya.

Warga Rawa Buaya & Kembangan Dilatih Tanaman Hidroponik
Senin, 17 Juli 2017, Universitas Mercu Buana mengadakan pelatihan bercocok tanaman hidroponik sebagai langkah dalam upaya pengoptimalan lahan di dua kelurahan di Jakarta Barat yakni Rawa Buaya dan Kembangan Utara.

UMB Gelar Pelatihan Bertanam Hidrophonik di Dua Kelurahan
16 Juli 2017, Universitas Mercu Buana (UMB) memberikan pelatihan bertanam hidroponik di dua kelurahan di Jakarta Barat.

Donor Darah PDDI Diserbu Ratusan Mahasiswa
Sabtu, 13 Mei 2017, Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) DKI Jakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan Donor Darah, di Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat. Kegiatan donor darah yang bertajuk PDDI Goes To Campus, ini diikuti ratusan mahasiswa Mercu Buana yang ingin mendonor darahnya.

Antusias Pendonor Darah UMB Patut Ditiru
Minggu, 14 Mei 2017, Acara DONOR DARAH SUKARELA UMB melibatkan 100 pendonor darah, yang terdiri dari kalangan mahasiswa, karyawan dan dosen.

Donor Darah Sukarela di Kampus UNIVERSITAS MERCU BUANA
Minggu, 14 Mei 2017, PDDI bersama dengan keluarga Besar Kampus Universitas Mercu Buana mengadakan “Acara DONOR DARAH SUKARELA”.

Donor Darah Sukarela Jadi Ajang Universitas Mercu Buana Dekat dengan Masyarakat
Minggu, 14 Mei 2017, Acara yang digelar beberapa waktu lalu itu dihadiri oleh Ketua Umum Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Adang Darajatun dan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Mercu Buana Dr. Arissetyanto Nugroho, MM.

Tingkatkan Minat Masyarakat, Kampus Ini Beri Pelatihan Bertanam Hidroponik
Minggu, 09 April 2017, Menurut Ketua Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Mercu Buana Dr. Inge Hutagalung, M.Si Pelatihan bertanam hidroponik ini tidak hanya dalam bentuk materi ceramah, namun juga praktik penanaman secara langsung yang dibimbing oleh ahli tanaman hidroponik.