Kiat Memasarkan Produk Secara Efektif dengan Komuniksi Interpersonal

Sebagian besar kegiatan komunikasi yang dilakukan dalam promosi dilakukan melalui komunikasi antar pribadi. Komunikasi antarpribadi yang efektif akan sangat membantu promosi sebuah produk dan mencegah timbulnya kesalahpahaman antara produsen dan konsumen.

Komunikasi interpersonal sebagai bentuk perilaku, dapat berubah dari sangat efektif ke sangat tidak efektif. Suatu saat komunikasi dapat memburuk dan pada saat lain dapat lebih baik.

Menyadari pentingnya hal tersebut, Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menggelar kegiatan untuk meningkatkan potensi industri kain tenun tradisional kaum ibu Desa Kanekes, Lebak pada medio Juli 2019.

Pada kegiatan sosialisasi selain diberikan pengetahuan terkait peran komunikasi antarpribadi dalam kegiatan promosi, juga dilakukan simulasi promosi yang dilakukan oleh para kaum ibu.

”Melalui sosialisasi diharapkan kaum ibu pengrajin tenun tradisional Desa Kanekes, Lebak, akan lebih menyadari peran komunikasi antarpribadi terkait promosi, memahami dimensi efektif komunikasi antarpribadi, dan cara melakukan persuasi dan promosi melalui komuikasi antarpribadi,” ujar Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana Dr. Inge Hutagalung, M.Si, Kamis (18/7/2019).

Dia mengatakan, peran komunikasi dalam pemasaran sebuah produk sangatlah mutlak. Promosi adalah segala macam bentuk komunikasi pemasaran yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan memengaruhi agar membeli barang atau jasa tertentu.